Asaa'Ah

AHMAD ASMUI PUTRA JALERE SANKING BAPAK SURADI LAN SITI ZULAIKHO

spider

text asmui






salju


Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

RSS

Makalah Media Pembelajaran Gambar, Foto dan Sketsa

MEDIA PEMBELAJARAN
(GAMBAR, FOTO DAN SKETSA)

uin.jpg


OlehKelompok I :
Ahmad Asmui                       (14410050)
Alimah                                   (14410156)
Nikmatul Isnaini                     (14410116)
Riski Andri P                   (13410140)


FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN KALIJAGA

2015/2016



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Allah, Tuhan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan apa yang ada diantara keduanya, yang telah menjadikan manusia sebagai mahluk yang paling mulia kecuali orang-orang yang melampaui batas. Dan yang telah memberikan manusia akal yang dengannya manusia dituntut untuk mengenali Tuhannya dan dengannya  pula manusia diberi pembebanan hukum.Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada nabi yang ummi, Nabi Muhammad SAW yang telah mengeluar kanmanusia dari  kegelapan menuju cahaya dengan Islam. Nabi yang telah diutus dengan syariat-syariat yang jelas untuk diberlakukan hukumnya atas manusia dalam memutuskan perkara.keselamatan semoga diberikan kepada orang-orang yang mengikuti Rasulullah dengan hati yang ridho, ridho Islam sebagai agamanya, ridho Muhammad sebagai Rasulullah, dan ridho terhadap syariat-syariat yang telah diturunkan kepada mereka. Aamiin
Dalam makalah iniakan dijelaskan megenai media pembelajaran, yang kemudian akan dikkerucutkan dalam pembahasan tentang media gambar, media foto, dan media sketsa. Masing-masing media akan dijelaskan secara singkat dan padat dalam setiap pembahasannya. Kemudian dalam akhir bab dari makalah ini akan diberikan contoh tentang pembuatan RPP dengan memanfaatkan media gambar, media foto, dan media sketsa.
Kami mohon maaf terhadap kekeliruan yang ada dalam makalah ini yang mudah-mudahan dikemudian hari dapat menjadi lebih baik.Saran dan kritik senantiasa kami tunggu untuk kepentingan penigkatan kualitas intelektual kami.Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.Terimakasih.
                                                                                                           Pemakalah

                                                                                                           Kelompok I

DAFTAR ISI

Halaman Judul..................................................................... i
Kata Pengantar.....................................................................ii
Daftar Isi.............................................................................. i

BAB I   Pendahuluan...................................01
    Latar Belakang............................................... 01
    Rumusan Masalah.......................................... 02
 Tujuan Penulisan......................................... 02

BAB II    Pembahasan...........................................................03
              Pengertian Media.................................................03
              Ciri-ciri Media Pendidikan................................. 04
               Media Gambar..................................................... 05
               Media Foto...........................................................05
               Media Sketsa........................................................06
               Jenis-jenis Media/Gambar/Foto........................... 07
               RPP.................................................................      09
               Lampiran.........................................................     12

BAB III   Penutup..............................................................    19
               Kesimpulan.......................................................... 19
               Daftar Pustaka................................................      20



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar belakang
       Pembelajaran merupakan interaksi timbal balik antara guru dan murid dalam kaitannya dengan pendidikan. Sebagai suatu interaksi, tentulah hubungan murid dan guru membutuhkan perantara bagi keduanya, perantara ini yang akan meneruskan pemahaman satu pihak kepada pihak yang lain. Perantara inilah yang kita sebut sebagai media, baik-buruknya komunikasi antara guru dan murid sebagian besar dipengaruhi dari media yang digunakan dan kepandaian dalam menggunakan media tersebut. Keberhasilan Penggunaan media juga terkait dengan kesesuaian antara jenis informasi yang akan diberikan dengan media yang digunakan.
          Pembelajaran juga akan semakin menarik apabila guru mampu menghadirkan informasi/materi belajar dalam tampilan yang baik dan jauh dari kata membosankan. Informasi yang semula tampak biasa akan menjadi luar biasa ditangan guru yang ahli dalam memanfaatkan media untuk pembelajaran. Siswa yang semula tidak tertarik terhadap pengajaran dari guru menjadi lebih antusias apabila media yang digunakan dapat mewujudkan ketertarikannya.
       Adanya media tentu akan semakin memudahkan guru dalam menyampaikan materi belajar. Materi belajar yang abstrak yang sulit dipahami oleh murid dalam diwujudkan dalam bentuk yang konkret yang mudah dipahami oleh murid melalui media, khususnya media visual kaitannya dengan hal ini.
Perkembangan media pembelajaran mendapat porsi perhatian yang besar oleh para ahli dalam tahun-tahun terakhir ini. Bidang kajian khusus mengenai mediapun banyak bermunculan, yang tentu saja ini berdampak positif bagi perkembangan kualitas pendidikan. ketertinggalan dlam pengenalan media pembelajaran berdampak negatif  terhadap perkembangan pendidikan. maka dari itu, kajian-kajian mengenai media pembelajaran perlu mendapat perhatian yang serius khususnya oleh para pendidik.
B.  Rumusan Masalah
Dalam penulisan makalah ini, penulis berusaha untuk membatasi pembahasan dengan membuat rumusan masalah supaya pembahasan makalah ini tidak keluar dari topik makalah. Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut:
1.      Apakah pengertian dari media?
2.      Apa saja ciri-ciri media pendidikan?
3.      Apa saja kelebihan dan kekurangan media gambar, foto, dan sketsa?
4.      Apa saja jenis-jenis media gambar, foto, dan sketsa?

C.   Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai pemanfaatan media gambar, foto, dan sketsa dalam pembelajaran kepada calon guru, sedangkan tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar para calin guru dapat menguasai pemanfaatan media gambart, media foto, dan sketsa dalam pembelajaran sehingga memudahkan mereka dalam menyajikan informasi kepada subjek didik.






BAB II PEMBAHASAN
MEDIA GAMBAR, FOTO DAN SKETSA

A.      Pengartian Media
Kata media berasal dari bahas Latin medius yang secara haffiah berarti ‘ tengah’, perantara, atau ‘pengantar’. Association for Education and Comunication Tecnology ( AECT ) mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangka menurut Education Association mendefinisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasi, dilihat, didengar,dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi efektivitas program instructional[1].
Media gambar, foto dan sketsa disebut juga media visual yang pengertiannya adalah visualisasi pesan, informasi, atau konsep yang ingin disampaikan kepada siswa dalam berbagai bentuk, seperti foto, gambar, sketsa/ gambar garis.
Kedudukan media pengajaran ada dalam komponen metode mengajar sebagai salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi guru-siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Oleh sebab itu fungsi utama dari media pengajaran adalah sebagai alat bantu mengajar, yakni menunjang penggunaan metode mengajar yang dipergunakan guru.[2]



B.        Ciri-ciri Media Pendidikan
Gerlach dan Ely (1971 ) mengemukakan tiga ciri media  yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan oleh media yang mungkin guru tidak mampu atau kurang efisien melakukannya.[3]
1.      Ciri Fiksatif
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, dan merekontruksi suatu peristiwa atau objek. Suatu peristiwa atau objek dapat diurut dan disusun kembali denagn media seperti fotografi, video tape, audio tipe, dan film. Dengan ciri fiksatif ini, media memungkinkan suatu rekaman kejadian atau objek yang terjadi pada satu waktu tertentu ditransportasikan tanpa mengenal waktu.
2.      Ciri Manipulatif
Transpormasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulative. Kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan teknik pengambilan gambar. Misalnya, bagaimana proses larva menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu dapat dipercepat dengan teknik rekaman fotografi. Disamping dapat dipercepat, suatu kejadian dapat pula diperlambat pada saat menayangkan kembali hasil suatu rekaman video.


3.      Ciri Distributif
Ciri distributive dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relative sama mengenai kejadian itu. Misalnya video, audio, disket computer dapat disebar keseuruh penjuru tempat yang diinginkan kapan saja.

  1. Media Gambar
Media gambar adalah suatu gambar yang berkaitan dengan materi pelajaran yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa. Media gambar ini dapat membantu siswa untuk mengungkapkan informasi yang terkandung dalam masalah sehingga hubungan antar komponen dalam masalah tersebut dapat terlihat dengan lebih jelas.[4]Gambar dapat menyajikan berbagai materi pelajaran. Gambar memberi kesempatan untuk diamati rincinya secara individual, menekankan gagasan pokok dan impresi, medium yang ‘diam’,dan merupakan media dua dimensi.[5]

  1. Media Foto
Fotografi seperti halnya media instruksional lainnya, harus dipilih dan dipergunakan sesuai dengan tujuan khusus mata pelajaran, artinya tidak bisa gambar-gambar itu hanya dipertunjukan secara tersendiri, melainkan harus dipadukan kepada mata pelajaran tertentu. Gambar fotografi termasuk kepada gambar tetap atau still picture yang terdiri dari dua kelomopok, yaitu; flat opague picture atau gambar tidak tembus pandang , misalnya gambar fotografi, gambar tecetak; kedua adalah transparent picture atau gambar tembus pandang, misalnya film slides, film strips, dan transparencies.
Gambar fotografi bisa dipergunakan baik untuk tujuan pengajaran individual, kelompok kecil, maupun untuk kelompok besar yang dibantu dengan proyektor.[6]
  1. Media Sketsa
Sketsa adalah gambar yang sederhana, atau draft kasar yang melukiskan bagian-bagian pokoknya tanpa detail. Karena setiap orang yang normal dapat diajar menggambar, maka setiap guru yang baik haruslah dapat menuangkan ide-idenya ke dalam bentuk sketsa. Sketsa, selain dapat menarik perhatian murid, menghindari verbalisme dan dapat memperjelas penyampaian pesan, harganya pun tak perlu dipersoalkan sebab media ini dibuat langsung oleh guru.[7]

  1. Beberapa kelebihan dan kekurang media Gambar/ foto/ sketsa
Media gambar/foto / sketsa mempunya beberapa kelebihan diantaranya :[8]
1.      Dapat mengatasi keterbatasan mata.
2.      Dapat mengatasi ruang dan waktu.
3.      Lebih konkrit dan lebih realistic dalam memunculkan pokok masalah.
4.      Memperjelas masalah dalam bidang apa saja, dan dapat digunakan untuk semua orang tanpa pandang bulu.
Kelemahan media gambar/foto/ sketsa antara lain :
1.      Penghayatan tentang materi kurang sempurna, karena media gambar hanya menampilkan  persepsi indera mata yang tidak cukup kuat menggerakkan seluruh kepribadian manusia, sehingga materi yang dibahas kurang sempurna.

2.      Tidak meratanya penggunaan gambar/ foto/ sketsa tersebut bagi anak-anak dan  kurang efektif dalam penglihatan. Biasanya anak yang palin g depan yang lebih sempurna mengamati gambar/ foto/ sketsa tersebut, sedangakan anak yang belakang semakin kabur.
3.      Kelebihan dan penjelasan guru dapat menyebabkan timbulnya penafsiran yang berbeda sesuai dengan pengetahuan masing-masing anak terhadap hal yang dijelaskan.
  1. Jenis- jenis Media Gambar/ Foto/ Sketsa
Ada beberapa jenis media gambar/foto/ sketsa, antara lain :
1.      Gambar/ foto/ sketsa dokumentasi, yaitu gambar yang mempunyai nilai sejarah bagi individu maupun masyarakat.
2.      Gambar/ foto/ sketsa actual, yaitu gambar yang menjelaskan sesuatu kejadian yang meliputi berbagai aspek kehidupan, misalnya, gempa bumi, topan dan sebagainya.
3.      Gambar/ foto / sketsa, yaitu gambar yang melukiskan pemandangan suatu daerah atau lokasi.
4.      Gambar/ foto/ sketsa, yaitu gambar yang digunakan untuk mempengaruhi orang atau masyarakat.
5.      Gambar/ foto/ sketsa symbol, yaitu gambar yang menggunakan  bentuk symbol atau tanda yang mengungkapkan pesan tertentu dan dapat mengungkapkan kehidupan manusia yang mendalam serta gagasan dan ide-ide anak didik.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

MTs                                     : ...............................................
Mata Pelajaran                 :  Fiqih
Kelas/Semester               :  VII / 1
Alokasi Waktu                  :  2 x 40 menit (1 Kali pertemuan)

A.       Standar Kompetensi
1.    Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)            
B.       Kompetensi Dasar
1.2  Menjelaskan hadatst kecil dan tatacara thaharahnya (bersucinya )
C.       Tujuan Pembelajaran
·                     Siswa dapat menyebutkan syarat dan rukun wudhu
·                     Siswa dapat menyebutkan sunnah-sunnah wudhu
·                     Siswa dapat menyebutkan hal-hal yang membatalkan wudhu
·                     Siswa dapat mempraktikkan wudhu
D.       Materi Pembelajaran
·                     Wudhu
E.       Metode Pembelajaran
·                     Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
·   Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang wudhu
·   Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema dan mengimplementasikan dalam bentuk foto, gambar, atau sketsa yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
·   Pameran dan Shopping : menampilkan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari penampilan yang disajikan
F.        Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi wudhu
Motivasi :
  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar wudhu
10  menit
2
Kegiatan Inti :
  Siswa membaca literatur/referensi tentang wudhu.  (fase eksplorasi)
  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang cara wudhu (fase eksplorasi)
  Membuat bagan wudhu dan tentang cara wudhu (fase elaborasi)
  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
  Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara wudhu dan tentang cara wudhu sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
  Penguatan tentang wudhu dan tentang cara wudhu (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
  Tanya jawab tentang materi wudhu dan tentang cara wudhu.
  Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian wudhu dan tentang cara wudhu untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit

G.       Sumber belajar dan media pembelajaran
·         Buku paket Fikih kelas VII
·         Lembar observasi
·         Lembar penilaian
·         Gambar peragaan wudhu
H.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
  Siswa dapat  menjelaskan pengertian wudhu

  Siswa dapat  menetukan syarat dan rukun wudhu

  Siswa dapat  menunjukkan sunnah wudhu
  Siswa dapat  mengemukakan hal-hal yang membatalkan wudhu
  Siswa dapat  mempraktekkan tata cara wudhu

Tes unjuk kerja



Observasi


Performan

Uraian



Uraian


Uraian
  Jelaskan apa pengertian wudhu !


Sebutkanlah syarat dan rukun wudhu !

 
     Sebutkanlah sunnah-sunnah wudhu !

Mengetahui
Kepala Madrasah




...........................................
NIP.
.............. , ............................
Guru Bidang Studi Fiqih




..........................................
NIP.


Lampiran
1.Gambar sketsa wudhu
   
                 1                                 2                                                  3                                4       

               5                                    6                                    7                                 8





2.Foto tata cara wudhu





























3.Gambar Wudlu


                                                             BAB III
PENUTUP

  1. Kesimpulan

            Definisi media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran .Ciri-ciri Media Pendidikan  yaitu Ciri Fiksatif, Ciri Manipulatif dan Ciri Distributif. Beberapa kelebihan dan kekurang media Gambar/ foto/ sketsa. Media gambar/foto / sketsa mempunya beberapa kelebihan diantaranya  Dapat mengatasi keterbatasan mata,dapat mengatasi ruang dan waktu,lebih konkrit dan lebih realistic dalam memunculkan pokok masalah,memperjelas masalah dalam bidang apa saja, dan dapat digunakan untuk semua orang tanpa pandang bulu.Kelemahan media gambar/foto/ sketsa antara lain :Penghayatan tentang materi kurang sempurna, karena media gambar hanya menampilkan  persepsi indera mata yang tidak cukup kuat menggerakkan seluruh kepribadian manusia, sehingga materi yang dibahas kurang sempurna.Tidak meratanya penggunaan gambar/ foto/ sketsa tersebut bagi anak-anak dan  kurang efektif dalam penglihatan. Biasanya anak yang palin g depan yang lebih sempurna mengamati gambar/ foto/ sketsa tersebut, sedangakan anak yang belakang semakin kabur.Kelebihan dan penjelasan guru dapat menyebabkan timbulnya penafsiran yang berbeda sesuai dengan pengetahuan masing-masing anak terhadap hal yang dijelaskan. Jenis- jenis Media Gambar/ Foto/ Sketsa  beberapa jenis media gambar/foto/ sketsa, antara lain : Gambar/ foto/ sketsa dokumentasi. Gambar/ foto/ sketsa actual. Gambar/ foto/ sketsa symbol.

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad , Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Arsyad, azhar. 2013. Pengembangan Media. Jakarta : Ciputat Pers.
Asnawir. 2002 . Media Pembelajaran.  Jakarta : Ciputat Pers.
Sudjana, Nana, & Ahmad Rivai.2009. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
http://www.langkahpembelajaran.com/2015/03/pengertian-media-gambar-dan-kelebihan.html
http://www.slideshare.net/mukhamadsulistiono/ppt-makalah-29772904
http://tsulis64.blogspot.co.id/2013/09/media-gambarfoto-dan-sketsa-dalam.html




[1] Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta : Rajawali Pers,2006 ), hal,3.
[2] Dr. Nana Sudjana & Drs. Ahmad Rifai, Media Pembelajaran(Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009), hal.6.
[3] Azhar Arsyad, Pengembangan Media, ( Jakarta : Ciputat Pers,2013 ), ha,15-17.
[4] http://www.langkahpembelajaran.com/2015/03/pengertian-media-gambar-dan-kelebihan.html
[5] http://www.slideshare.net/mukhamadsulistiono/ppt-makalah-29772904
[6] Dr. Nana Sudjana & Drs. Ahmad Rifai, Media Pembelajaran(Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009), hal.70, 71.

[7] http://tsulis64.blogspot.co.id/2013/09/media-gambarfoto-dan-sketsa-dalam.html
[8] Asnawir, Media Pembelajaran, ( Jakarta : Ciputat Pers, 2002 ), hal, 50-51.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar