Asaa'Ah

AHMAD ASMUI PUTRA JALERE SANKING BAPAK SURADI LAN SITI ZULAIKHO

spider

text asmui






salju


Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

RSS

RPP

TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN KURIKULUM

“RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)”

Tugas Ini Di Susun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pengembangan Kurikulum semester III
Dosen Pengampu: Dr.  Sukiman, S.Pd, M.Ag

Description: E:\Logo-UIN-Sunan-Kalijaga-Yogyakarta.jpg












Disusun Oleh :
Ahmad Asmui
14410050

                                               
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI  SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2015


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      :  MTs. Sunan Kalijaga
Mata Pelajaran            :  Fiqih
Kelas/ Semester           :  VIII / I
Materi Pokok              : Ibadah Qurban
Alokasi Waktu            :  45 Menit.
A.      KOMPETENSI INTI
KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2.Menghargai,dan menghayati perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR
1.2         Menghayati nilai-nilai ibadah Qurban
2.1         Menghargai nilai-nilai positif ibadah Qurban
3.2         Mengidentifikasi tata cara melaksanakan ibadah Qurban
3.3         Mengidentifikasi tata cara melaksanakan Penyembelihan Qurban
4.2         Mesimulasikan tata cara berqurban

C.    INDIKATOR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pesertadidik mampu:
-     menjelaskan pengertian ibadah qurban dan dalilnya
-     menjelaskan tatacara penyembelihan qurban
-     menjelaskan hikmah melaksanakan ibadah qurban

Melalui pendekatan saintifik dengan metode komperatif tentang ibadah qurban, peserta didik dapat:
-     menjelaskan pengertian ibadah qurban dan dalilnya
-     menjelaskan tatacara penyembelihan qurban



D.    MATERI POKOK
1.      Qurban berasal dari bahasa arab yaitu  قربانا yang berasal dari kata قربانا  قرب – يقرب –  yang artinya mendekati atau menghampiri. Sedangkan menurut istilah qurban adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah baik berupa hewan sembelihan maupun yang lainnya. Hukum pelaksanaan ibadah qurban yaitu sunnah muakad.
2.      Adapun dalil yang menjadi dasar pensyariatan qurban yaitu surah al-kautsar ayat 2 yang berbunyi:
فصلّ لربّك وانحر
Artinya: “maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).
3.      Tata cara penyembelihan hewan qurban
a.       Mengucapkan takbir ketika hendak menyembelih.
b.      Mengucapkan takbir (sebelum membaca basmalah ataupun setelahnya)
c.       Menghadapkan hewan sembelihan kearah kiblat
d.      Dianjurkan membaca basmalah dengan sempurna dan membaca doa:  (Shohibul Qurban).............. بسم الله والله أكبر اللهمّ هذا عن

4. Hikmah pelaksanaan qurban adalah sebagai berikut:
a.       Mensyukuri nikmat  dari Allah Swt.
b.      Sebagai ciri  keislaman seseorang.
c.       Berkurban lebih baik daripada bersedekah senilai hewan kurban
d.      Kepedulian kepada sesama dan  menggembirakan kaum dhuafa.
e.       Berkurban adalah bagian dari syiar islam
f.       Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah
g.       Mengenang ujian kecintaan dari Allah kepada nabi ibrahim As
h.      menambah rizki bagi orang yang berkurban

E.     PROSES PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan      
a.       Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b.      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.       Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi, senam otak atau bersalawat.
d.      Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ibadah qurban.
e.       Guru  dapat  menggunakan  beberapa  alternatif  media/alat  peraga/alat  bantu,dapat berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
f.       Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar yang dikolaborasi dengan metode demontrasi.



2.Kegiatan Inti
a.       Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi ibadah qurban. (Kegiatan mengamati)
b.      Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
c.       Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan.
d.      Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara.
e.       Guru memberikan penjelasan tambahandan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya
`
Gambar
Hasil Pengamatan
Hewan qurban
1.    Sehat merupakan salah satu syarat hewan qurban.
2.    Demikian masalah keadaan hewan qurban sebelum penyembelihan harus jelas
3.    Dan seterusnya
Seseorang sedang menyembelih hewan qurban
1.     Menghadapkan hewan qurban ke arah kiblat dan membaca takbir merupakan bagian dari tatacara penyembelihan hewan qurban.
2.     Dan seterusnya
Seseorang sedang membagikan daging kurban
1.    Berqurban adalah implikasi dari hikmah ibadah qurban Kepedulian kepada sesama dan  menggembirakan kaum dhuafa.
2.    Dan seterusnya

f.       Guru memotivasi peserta didik  untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman haji dan umrah. Peserta didik bisa bertanya dengan menggunakan kata Tanya: apa, mengapa, bagaimana, bagaimana jika dan sebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan. (Kegiatan menannya)

 No
Pertanyaan
  1
Mengapa ibadah qurban harus dilaksanakan ketika haei tasyrik?
  2
Apa rahasia menghadapkan hewan qurban ke arah Ka’bah, apakah itu tidak bisa disamakan dengan pelaksanaan sholat?
  3
Apakah boleh berkurban dengan hewan yang selain dicontohkan seperti kuda?
  4
Bagaimana pendapat kalian tentang yang lebih mengutamakan bershodaqoh daripada berqurban?
  5
Kenapa dalam berqurban, shohibul qurban tidak boleh makan atau mendapat bagian daging qurban justru malah dibagikan ke orang lain?

Dan seterusnya

Catatan:
  1. Guru harus dapat mendorong peserta didik untuk berani menanya
  2. Peserta didik mengungkapkan pertanyaan-pertanyaannya lewat lisan atau tulisan
  3. Guru bisa meminta salah satu peserta didik untuk menulis semua pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di kertas.
  4. Guru harus memberikan penghargaan terhadap pertanyaan yang dikemukakan oleh peserta didik, misalnya “pertanyaan yang bagus sekali, dan sejenisnya”



g.      Guru menjelaskan beberapa poin yang diramu dari beberapa poin pertanyaan siswa sebelumnya, (Kegiatan membaca)
h.      Guru memberi tugas kepada siswa secara berkelompok atau perorangan untuk membaca dan memahami hasil bacaan yang ditentukan. Lalu secara bergiliran menjelaskan hasil bacaan masing-masing temannya yang lain secara bergantian
i.        Guru meminta peserta didik tetap bersama kelompoknya.
j.        Guru membagi pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok.
(Kegiatan menganalisa)
k.      Tiap kelompok mendapat tugas satu pertanyaan.
l.        Guru memberikan kesempatan kepada kelompok untuk mendiskusikannya. Tiap kelompok mencatat hasil diskusinya di kertas (guru bisa mengembangkan dengan kertas ukuran besar). Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya secara singkat.
m.    Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang di kemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
n.      Guru membimbing peserta didik untuk membaca kisah Kisah Tukang sampah bisa melaksanakan ibadah qurban. ( Kegiatan Memotivasi)
o.      Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah/ cerita tersebut
p.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
q.      Guru memotivasi dengan meminta peserta didik bercita-cita bisa melaksanakan ibadah qurban, dengan memperhatikan ketentuan pelaksanaan ibadah qurban yang benar agar ibadah qurban ditterima oleh Alloh SWT.
r.        Untuk memperkuat pemahaman tentang pelaksanaan tatacara qurban, guru meminta peserta didik untuk melakukan simulasi ibadah qurban. (Kegiatan Mempratekkan)
s.       Pada moment tertentu, misalnya musin haji, peserta didik ditugaskan untuk melakukan investigasi (dalam bentuk tugas proyek) tentang kegiatan wawancara dengan orang yang mau melaksanakan ibadah qurban di lingkungan masing-masing atau melihat video kegiatan tersebut
t.        Guru memberi penguatan dari pelaksanaan simulasi ibadah quran
u.      Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman. (Kegiatan Merangkum)
v.      Peserta didik mengerjakan tugas/soal sesuai arahan guru

 3.Kegiatan Penutup
a)      Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b)      Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa
c)      Guru menjelaskanmateri yang akandipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
d)     Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa

F.     PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:

1.      Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:

No
Nama Siswa
Aspek  Penilaian
Nilai
1
2
3
4
5
6





























Aspek dan rubrik penilaian.
1.      Pola berpikir saat menyampaikan informasi/pendapat
  1. Jika sama sekali tidak runtut/teratur, skor 1
  2. Jika sebagian kecfil  runtut/teratur, skor 2
  3. Jika sebagian besar runtut/teratur, skor 3
  4. Jika seluruhnya runtut/teratur, skor 4
2.      Pola berpikir saat memberikan argumentasi
  1. Jika sama sekali tidak runtut/teratur, skor 1
  2. Jika sebagian kecfil  runtut/teratur, skor 2
  3. Jika sebagian besar runtut/teratur, skor 3
  4. Jika seluruhnya runtut/teratur, skor 4
3.      Pola berpikir saat memberikan kritikan
  1. Jika sama sekali tidak runtut/teratur, skor 1
  2. Jika sebagian kecfil  runtut/teratur, skor 2
  3. Jika sebagian besar runtut/teratur, skor 3
  4. Jika seluruhnya runtut/teratur, skor 4
4.      Kejelasan fokus dan arah pertanyaan
  1. Jika sama sekali tidak jelas fokus dan arahnya, skor 1
  2. Jika fokus dan arah pertanyaan menjadi jelas setelah diminta mengulang, skor 2
  3. Jika menyadari bahwa fokus dan arahnya tidak jelas sehingga pertanyaannya diulang, skor 3
  4. Jika fokus dan arah pertanyaan jelas, skor  4
5.      Bahasa yang dipakai (saat menyampaikan informasi, kritikan, ataupun argumentasi)
a.       Jika semuanya tidak baik dan tidak benar/tidak baku, skor 1
b.      Jika sebagian besar  tidak baik dan tidak benar/tidak baku, skor 2
c.       Jika sebagian kecil tidak baik dan tidak benar/tidak baku, skor 3
d.      J ika seluruhnya baik dan benar/baku, skor 4
6.      Kemampuan dalam berbicara (memberikan informasi, berpendapat, berargumentasi)
a.       Jika sama sekali tidak lancer, skor 1
b.      Jika kadang lancar dan kadang tidak, skor  2
c.       Jika sebagian besar lancer, skor 3
d.      Jika seluruhnya lancar, skor 4



2.      Penilaian sikap Diri

Berilah tanda centang () pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kalian!


No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.       

Saya selalu menginginkan melaksanakan ibadah qurban



2.       

Saya yakin bahwa melaksanakan ibadah qurban akan mendapat ganjaran pahala syurga yang penuh kenikmatan



3.       

Saya akan mengajak teman-teman untuk menggali informasi tentang ibadah qurban dari berbagai sumber dan media lainnya



4.       

Saya selalu mengakses berita tentang pelaksaaan ibadah qurban.



5.       

Saya yakin akan berangkat melaksanakan ibadah qurban apabila diberi kemampuan




                     Pedoman penskoran
Ya :      skor 5 .            Tidak :  skor  0.      

      Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
                           Jumlah Skor Maksimal

3.      Penilaian antar Teman
Nama Siswa: ……………….Tanggal: ………………… Kelas: …………………..

No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah
1
2
3
4
5
6
1








2








3








Dst










Keterangan aspek yang dinilai:
1.      Sikap dalam menerima pendapat
a.       Jika sama sekali tidak mau menerima pendapat teman, meskipun pendapat tersebut benar, skor 1
b.      Jika mau menerima pendapat  teman,  meskipun  dengan  berat  hati atau menunjukkan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya, skor 2
c.       Jika mau mendengarkan  pendapat  teman,  meskipun  sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar, skor 3
d.      Jika rela mau menerima orang lain memberikan pendapat, skor 4
2.      Sikap dalam menerima kritikan
a.       Jika sama sekali tidak mau menerima kritikan teman, meskipun kritikan yang diberikan memang benar
b.      Jika mau menerima kritikan teman tetapi menunjukan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya
c.       Jika mau menerima  kritikan  teman,  meskipun  sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
d.      Jika rela mau menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan
3.      Sikap dalam memberikan kritikan
a.       Jika tidak pernah/tidak mau  memberikan kritikan
b.      Jika mau memberikan kritikan tetapi berkesan menyalahkan
c.       Jika mau memberikan kritikan tetapi masih ada sebagian yang berkesan menyalahkan
d.      Jika mau memberikan kritikan yang membangun
4.      Sikap saat pendapatnya tidak diterima
a.       Jika marah/kecewa saat pendapatnya tidak diterima
b.      Jika sedikit marah/kecewa saat pendapatnya tidak diterima
c.       Jika masih terus berusaha agar pendapatnya diterima
d.      jika rela pendapatnya tidak diterima
5.      Kemauan  membantu, mendorong  atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
a.       Jika tidak pernah membantu, mendorong  atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
b.      Jika mau memberikan bantuan/kesempatan kepada  teman  untuk menyampaikan pendapat   tetapi setelah diingatkan teman lain/guru
c.       Jika mau membantu/memberi kesempatan kepada  teman  untuk menyampaikan pendapat   tetapi dengan kalimat yang bernada menyalahkan
d.      Jika rela membantu, mendorong  atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
6.      Sikap saat orang lain berbicara/menyampaikan pendapat
a.       Jika selalu berupaya memotong pembicaraan teman
b.      Jika sesekali masih berupaya memotong pembicaraan teman
c.       Jika  mau  mendengarkan  pembicaraan  (informasi,  pertanyaan,  argumentasi),  meskipun kurang serius dalam mendengarkan
  1. Jika mau  mendengarkan  pembicaraan  (informasi, pertanyaan, argumentasi) sampai teman yang menyampaikannya selesai berbicara

      Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
                           Jumlah Skor Maksimal

4.      Penilaian Mempratekkan
Format penilaian unjuk kerja: simulasi/demontrasi kegiatan ibadah qurban:
No
Nama
Aspek Penilaian
Jumlah
1
2
3
4
5
1







2







3







4







5








Dan seterusnya







Aspek Penilaian  
1.      Baca takbir
2.      Kegiatan penyembelihan hewan qurban.

Pedoman penskoran
      Tidak benar (skor 1)                                        Benar (skor 3)
      Kurang benar (skor 2)                                     Sangat Benar (4)

Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal

5.      Penilaian Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, dan d!

1.      Qurban berasal  bahasa …
a.       Arab                     
b.      Inggris                   
c.       Jepang
d.      Thailand
2.      Pak Ahmad orang yang kaya raya di kota Bandung, dia dapat melaksanakan Ibadah qurban yang ketiga kalinya, maka hukum melaksanakan ibadah qurban yang dilakukan oleh pak Ahmad adalah…
a.       wajib                     
b.      makruh                 
c.       sunnah
d.      mubah

3.      Perhatikan kalimat berikut !
a)      Dihadapkan ke kiblat        
b)      Muhrim     
c)      Baliqh       
d)      sapi           
e)      Membaca takbir
Manakah yang termasuk tata cara penyembbelihan hewan qurban adalah
a.       a) dan b)               
b.      a) dan c)               
c.       a) dan d)
d.      a) dan e)
4.      mensyukuri nikmat Alloh SWT dan Peduli Dluafa adalah termasuk…
a.       syarat ibadah qurban        
b.      syarat wajib ibadah qurban
c.       rukun ibadah qurban
d.      hikmah ibadah qurban
5.      Perhatikan kegiatan berikut ini !
a)      Membaca bismillah dan takbir
b)      Hadapkan hewan kearah kiblat
c)      Menyiapkan alat penyembelihan
d)      Membaca do’a

Urutkan pemyembelihan hewan qurban yang benar terdapat pada nomor…
a.       c,b,a,d       
b.      a,b,c,d
c.       b,c,a,d
d.      d,a,c,b
e.        
Kunci Jawab
1.    A                 
2.    D                             
3.    D                             
4.    D                             
5.   A

Pedoman penskoran
Jumlah jawaban benar x 2 (maksimal 5 x2 = 10).


6.      Penilaian Soal Uraian
Jawablah pertanyaan di bawah  ini!
1.      Jelaskan pengertian Qurban secara bahasa!
2.      Jelaskan pengertian Qurban secara istilah!
3.      Jelaskan dalil ibadah qurban!
4.      Jelaskan tatcara penyembelihan hewan qurban!
5.      Jelaskan hikmah berquban!





Kunci Jawaban
1.      Qurban berasal dari bahasa arab yaitu  قربانا yang berasal dari kata قربانا  قرب – يقرب –  yang artinya mendekati atau menghampiri
2.      Sedangkan menurut istilah qurban adalah segala sesuatu yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah baik berupa hewan sembelihan maupun yang lainnya. Hukum pelaksanaan ibadah qurban yaitu sunnah muakad.
3.      dalil yang menjadi dasar pensyariatan qurban yaitu surah al-kautsar ayat 2 yang berbunyi:
فصلّ لربّك وانحر
Artinya: “maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)
4.      Tata cara penyembelihan hewan qurban adalah sebagai berikut:
a.       Mengucapkan takbir ketika hendak menyembelih
b.       Mengucapkan takbir (sebelum membaca basmalah ataupun setelahnya)
c.       Menghadapkan hewan sembelihan kearah kiblat.
d.      Dianjurkan membaca basmalah dengan sempurna dan membaca do’a
 بسم الله والله أكبر اللهمّ هذا عن...shohibul qurban
5. Hikmah pelaksanaan ibadah qurban adalah sebagai berikut :
1.     Mensyukuri nikmat  dari Allah Swt.
2.     Sebagai ciri  keislaman seseorang
3.     Berkurban lebih baik daripada bersedekah senilai hewan kurban
4.     Kepedulian kepada sesama dan  menggembirakan kaum dhuafa.
5.     Berkurban adalah bagian dari syiar islam
6.     Ibadah kurban adalah salah satu ibadah yang disukai oleh Allah
7.     Mengenang ujian kecintaan dari Allah kepada nabi ibrahim As
8.     menambah rizki bagi orang yang berkurban






No. Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1
Jika Peserta didik dapat menuliskan pengertian qurban secara bahasa sangat lengkap dan sempurna, skor 4
4
2
Jika Peserta didik dapat menuliskan pengertian qurban secara istilah sangat lengkap dan sempurna, skor 4

4
3
Jika peserta didik dapat menuliskan dalil ibadah qurban secara sempurna, skor 4
4
4
a.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 3- 4 buah,  skor 4
b.      Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 – 2 buah, skor 2
4
5
a.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 5 – 8 buah,  skor 4
b.      Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 – 4 buah, skor 3
c.       Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 – 2 buah, skor 2
4

Jumlah Skor
20
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal            

7.      Penilaian Penugasan Mandiri Tidak Terstruktur
Guru menguji pemahaman tentang materi yang dipelajari dengan menyetor/berdiskusi tentang materi yang ditanyakan.
NO
Materi
1
2
3
Skor & TTD
Skor & TTD
Skor & TTD
1
Pengertin ibadah qurban






2
Dalil ibadah qurban






3
Tatacara penyembelihan hewan qurban






4
Hikmah ibadah qurban






                                                                                                                                                                                                                                                        Penilaian                                                                                  
1.  Penilaian dari Teman                                 A ; Jawab,Benar, dan lancer, skor 3
2.  Penilaian dari Keluarga                              B ; Jawab tapi Salah, skor 2                                     
   3.  Penilaian dari Guru Studi                          C ; Tidak bisa jawab, skor 1

Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
Rounded Rectangle: Nilaiakhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah:
a. Nilai rata-rata penilaian efektif (nilai sikap dalam diskusi, nilai diri, nilai antar teman)
b. Nilai psikomotorik (nilai praktek)
c. Nilai rata-rata penilaian kognitip (nilai pilihan ganda dan nilai uraian), dikali 30
d. Nilai penugasan maniri tidak terstruktur

Nilaiakhir= nilai a  + nilai b + nilai c + nilai d
    4  

 









Saran:
Guru harus kreatif mengembangkan soal berikut rubric dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan mengikuti langkah-langkah yang ada.

G.    PENGAYAAN
Berilah tugas tambahan kepada siswa yang sudah menguasai materi untuk mengkaji dalil haji dan umrah, sekaligus menerangkan isi kandungannya di depan kelas
Atau peserta didik ditugaskan mencari informasi tentang informasi tentang pelaksanaan ibadah haji dan umrah di Indonesia, kemudian buatlah laporan secara tertulis dengan urutan sebagai berikut !
1.      Hal yang harus dipersiapkan oleh shohpbol qurban.
2.      Tata cara penyembelihan hewan qurban.
3.      Pengalaman yang didapat selama pelaksanaan ibadah qurban.
4.      Kriteria hewan qurban.
Setelah tersusun kemudian diskusikan didepan kelas dengan dipandu oleh Bpak/Ibu guru pelajaran fiqih ! 

H.    REMEIAL
Berilah tugas kepada siswa yang belum menguasaimateri untuk mempelajari materi tentang ketentuan jual beli, qiradh  dan riba kepada teman atau kepada guru diluar kelas atau dirumah, dan tagihlah siswa tersebut untuk menerangkan materi yang diminta oleh guru pada pertemuan berikutnya Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau diluar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).

I.       INTERAKSI GURU DENGAN ORANG TUA
Guru meminta peserta didik dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar