RENCANA
PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester :
VII/ Ganjil
Materi Pokok :
Puasa wajib dan sunnah
Alokasi Waktu :
30 menit
Pertemuan:
A.
Kompetensi
Inti:
(KI-1) Menghargai dan menghasyati ajaran agama
yang dianutnya.
(KI-2) Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gtotong royong,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan-permasalahan bangsa yang berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial adn alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cermin bangsa dalam pergaulan dunia.
(KI-3) Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktualm knseptual, proseduraal, dan
meta kognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaa, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait dengan
penyeba fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
(KI-4) Mengolah menalar dan menyaji dalam
ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metode sesuia dengan kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar
1.6 Menunaikan puasa sebagai implementasi dari pemahahan rukun islam.
3.8 Memahami hikmah puasa .
4.8 Melaksanakan puasa baik wajib atau sunnah sebagai
implementasi dari pemahaman hikmah puasa.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mengetahui pengertaian puasa.
2.
Mengetahui dalil kewajiban puasa
Q.S. Al-Baqarah: 183.
3.
Mengetahui syarat dan rukun melaksanaka puasa.
4.
Memahami macam-macam puasa.
5.
Mengetahui hal-hal yang membatalkan
Puasa.
6.
Memahami hikmah puasa.
7.
Melakasanakan puasa baik wajib atau
sunnah sebagai implementasi dari pemahaman hikmah puasa.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Melaui membaca, diskusi, mengamati, dan
mengahafal, peserta didik diharapkan:
1.
Siswa mampu menjelaskan pengertian puasa.
2.
Siswa mampu menunjukan dalil naqli tentang puasa.
3.
Siswa mampu menjelaskan ketentuan puasa.
4.
Siswa mampu memahami macam-macam
puasa.
5.
Siswa mampu menjelaskan hal yang membatalkan puasa dengan benar.
6.
Siswa mampu melakasanakan puasa puasa
wajib dan sunnah sebagai implementasi dari pemahaman hikmah puasa.
E.
Materi Ajar
1.
Pengertian puasa.
2.
Dalil Naqli puasa.
3.
Ketentuan melaksnakan puasa.
4.
Macam-Macam Puasa.
5.
Hikmah melaksanakan puasa.
F.
Pendekatan,Strategi,
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Strategi :
Hot Ball
Metode :
Membaca, tanya jawab, presentasi dan penugasan.
G.
Strategi
Pembelajatran
Tatap Muka
|
Mandiri Terstruktur
|
Mandiri Tidak terstruktur
|
1.
Peserta didik membaca dan mencermati
pengertian puasa wajib dan puasa sunnah
2.
Peserta didik membaca Q.S. Al-Baqarah: 183 bersama
sambil menghafal.
3.
Peserta didik menggolongkan pernyataan yang
diberikan guru
4.
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
didepan kelas.
|
1.
Peserta didik mampu
melaksanakan puasa wajib dan sunnah dan mengetahui dalilnya.
|
1.
Peserta didik membiasakan berpuasa wajib dan sunnah
2.
Peserta didik membisakan menghafal
Al-Qur’an.
3.
Peserta didik biasa menganalisis ayat
Al-Qur’an.
|
H.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Memberi salam dan memulai pelajaran dengan
mengucap basmalah dan berdoa.
2.
Mengabsen peserta didik.
3.
Menjelaskan secara singkat materi yang akan
diajarkan.
|
5 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
a.
Menyimak penjelasan
tentang puasa ramadan.
b.
Mencermati Q.S. Al-Baqarah:
183
2.
Menanya
a.
Menyakan
pengertian puasa ramadhan.
b.
Menyakan hikmah
puasa ramadhan.
3.
Mengumpulkan data/ eksplorasi
a.
Perserta didik diberi bola berisi pernyataan
b.
Guru menyiapkan instrumen musik.
c.
Siswa memberikan bola penyataan pada teman
disampingnya ketika musik diputar dan berhenti ketika musik berhenti.
d.
Siswa yang mendapatkan bola diminta membuka
satu pernyataan dan menempelkannya pada kolom golongan yang tepat yang
disediakan guru di depan kelas.
4.
Mengasosiasi
a.
Siswa
menggolongkan pernyataan yang diberikan guru.
5.
Mengkomunikasikan
a.
Siswa diminta memberi alasan setelah
menempelkan pernyataan didepan kelas.
|
20 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta didik dibantu pendidik untuk
menyimpulkan materi.
2.
Pendidik memberikan tugas untuk dikerjakan
dirumah yaitu menuliskan hikmah berpuasa.
3.
Pendidik mengajak peserta didik untuk
membaca bersama Q.S. Al-Baqarah: 183
4.
Pendidik memberi pesan moral hikmah berpuasa wajib dan puasa sunnah
5.
Pendidik mengakhiri pelajaran dengan membaca
tahmid dan doa bersama.
6.
Pendidik mengucap salam.
|
5 menit
|
I.
Penilaian
1.
Tes (Lisan dan Tulis)
2.
Non Tes (tugas, observasi dan
portofolio)
J.
Bahan/Sumber
Belajar
1.
Hasan,Muhammad dkk.,”Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Kelas VIII SMP”, Penerbit Pusat Kurikulum dan
Penerbitan, Balitbang, Kemdikbud.
2.
Hasan Ayyub, “Fiqih Ibadah”.2004.
Jakarta : Pustaka Al-Kautsar
K.
Alat
Pembelajaran
1.
Al-Qur’an
2. Proyektor
3. Sound sistem
4. Kertas
plano,Manila
5. Spidol, kertas
HVS
6. Lem, Double
tip
L.
Lembaran
Penilaian
1.
Tes
a.
Tulis
No.
|
Butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Apa pengertian Puasa?
|
Puasa adalah menahan diri dan
menjauhi dari segala sesuatu yang dapat membatalkan secara mutlak.
|
2.
|
Tuliskan
dalil yang berkaiatan dengan puasa wajib!
|
-
يَٰٓأَيُّهَا
ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ
عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ ١٨٣ |
3.
|
Sebutkan maca-macam?
|
-
Puasa Wajib
-
Puasa Sunnah
|
4.
|
Apa pengertian puasa
wajib? Sebutkan contohnya!
|
Puasa
yang harus dilaksanakan oleh setiap umat islam yang sudah baligh dan apabila
ditingalkan akan mendapat dosa. Contohnya: Puasa Ramadhan, Puasa Nazar, Puasa
Qada, Puasa Kifarat
|
5.
|
Apa pengertian Puasa
Sunnah? Sebutkan contohnya!
|
Puasa yang dilaksanakan oleh
setiap umat islam yang sudah baligh dan apabila ditingalkan tidak akan
mendapat dosa dan apabila dilakukan akan mendapat pahala. Contohnya: Puasa Syawal,
Puasa Arafah, Puasa Senin dan Kamis.
|
6.
|
Apa saja yang dapat membatalkan
puasa?
|
-
Makan, minum disengaja, jimak, dll
|
b.
Lisan
No
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Ahmad Khusaini
|
|
|
|
|
|
2
|
Aisyah Emye
|
|
|
|
|
|
3
|
Bayu Skak
|
|
|
|
|
|
4
|
Haris Ahmad Sambada
|
|
|
|
|
|
5
|
Muhammad Gareng
|
|
|
|
|
|
6
|
Najib Ulin Nuha
|
|
|
|
|
|
7
|
Yu Sri
|
|
|
|
|
|
2.
Non tes
a.
Tugas ( Mengidentifikasi bagaimana
sikap toleransi dan menghargai perbedaan)
b.
Observasi (Mengamati perilaku bagi
seseorang yang bersikap toleransi dan menghargai perbedaan) terhadap teman
sejawat atau orang lain.
c.
Portofolio (tugas dan observasi
dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Instrumen non tes
a.
Instrumen penilaian sikap
Nama :
Kelas :
Mata Pelajaran :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
0
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
Menanggapi pendapat orang lain selama proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
2.
|
Mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menyampaikan ide/pendapat selama proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
4.
|
Bekerjasama dalam kelompok
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
Kriteria Penilaian:
1. Menanggapi Pendapat
0= Menanggapi dengan
diam
1=
Menanggapi dengan jawaban singkat
2=
Menganggapi dengan jawaban sedang
3= Menggapi
dengan jawaban apresiasi,kritik dan saran
2.
Mengajukan Petanyaan
0= Tidak
bertanya
1= Bertanya
singkat dan tidak ada hubungannya dengan materi
2= Bertanya
singkat dan padat.
3= Bertanya
yang dapat mengembangkan isi materi
3.
Menyampaikan ide/pendapat
0= Tidak
berpendapat
1=
Berpendapat singkat dan tidak ada hubungannya dengan materi
2=
Berpendapat singkat dan padat.
3= Berpendapat
yang dapat mengembangkan isi materi
4. Bekerjasama
dalam kelompok
0= Pasif
1= Semi
Aktif
2= Aktif
tetapi menjalankan tugas dengan kesalahan
3= Aktif dan menyenangkan dalam kelompok
b.
Instrumen Penilaian Keterampilan
Nama :
Kelas :
Mata Pelajaran :
No
|
Nama Puasa
|
Puasa
|
Alasan melakukan puasa
|
keterangan
|
||
Ya
|
Kadang
|
Tidak
|
||||
1
|
Puasa Ramadhan
|
|
|
|
|
|
2
|
Puasa
Senin dan Kamis
|
|
|
|
|
|
3
|
Puasa
Syawal
|
|
|
|
|
|
4
|
Puasa Asy
Asyuro
|
|
|
|
|
|
5
|
Puasa Arafah
|
|
|
|
|
|
6
|
Puasa tengah Bulan
|
|
|
|
|
|
|
Skor yang dicapai
|
|
Kriteria
Penilaian:
0= Tidak
dapat mempraktekan
1=
Mempraktekan dengan 3 kesalahan atau lebih.
2=Mempraktekan
dengan 1 sampai 2 kesalahan.
3=
Mempraktekan dengan tanpa kesalahan.
Mengetahui
|
|
Yogyakarta, 12 April 2016
|
Kepala Sekolah
|
|
Pendidik Bidang Studi
|
|
|
|
Drs. Ahmad Paijo
|
|
Tim Penyusun
|
NIP/NIK: 1969 0307 3030
|
|
NIP/NIK: 1996 0805 8090
|
0 komentar:
Posting Komentar