“RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)”
MANUSIA SEBAGAI HAMBA ALLOH DAN KHALIFAH DI BUMI
Tugas Ini Di Susun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Al-Qurán Hadits di Madrasah/Sekolah
Dosen Pengampu: Hj. Marhumah

Disusun Oleh :
Ahmad Asmui
14410050
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2016
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : MAN 1 Windusari
Mata Pelajaran : Al-Qurán Hadits
Kelas/ Semester : X/ II
Materi Pokok : Manusia Sebagai Hamba dn kholifah Khalifah di Bumi
Alokasi Waktu : 30 Menit.
Pertemuan : Pertama
A. KOMPETENSI INTI
KI-1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2.Menghargai,dan menghayati perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. KOMPETENSI DASAR
1.5 Beramal sesuai dengan kandungan Q.S. Al-Mu’minun (23) : 12-14, An- Nahl (16) : 78, Al-Baqarah (2) : 30-32, dan Az-Zariat (51) : 56 dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.5 Memiliki sikap yang mencerminkan fungsi maanusia baik sebagai hamba Alloh SWT, maupun sebagai khalifaah di bumi sebagaimana yang terkandung dalam Q.S. Al-Mu’minun (23) : 12-14, An- Nahl (16) : 78, Al-Baqarah (2) : 30-32, dan Az-Zariat (51) : 56.
|
3.5 Memahami ayat-ayat Al-Qr’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Alloh SWT dan Khalifah di bumi pada Q.S. Al-Mu’minun (23) : 12-14, An- Nahl (16) : 78, Al-Baqarah (2) : 30-32, dan Az-Zariat (51) : 56.
|
4.5 Mendemonstrasikan hafalan dan arti perkata ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Alloh SWT dan Khalifah di bumi pada Q.S. Al-Mu’minun (23) : 12-14, An- Nahl (16) : 78, Al-Baqarah (2) : 30-32, dan Az-Zariat (51) : 56.
|
C. INDIKATOR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
Peserta didik mampu:
|
Melalui pendekatan saintifik dengan metode komperatif tentang manusia sebagai hamba Alloh SWT dan khalifah di bumi, peserta didik dapat:
|
D. MATERI POKOK
1. Q.S.Al-Mu’minun (23) : 12-14, An-Nahl (16) : 78, Al-Baqarah (2) : 30-32, dan Az-Zariat (51) : 56 tentang Manusia sebagai hamba Alloh SWT dan Khalifah dibumi.
E. PROSES PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
b. Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c. Guru memotivasi peserta didik dengan kegiatan yang ringan, seperti cerita motivasi, senam otak atau bersalawat.
d. Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar Manusia sebagai hamba Alloh SWT dan Khalifah dibumi.
e. Guru dapat menggunakan beberapa alternatif media/alat peraga/alat bantu,dapat berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan mudah dilihat/dibaca), atau dapat juga menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
f. Guru menggunakan metode diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar yang dikolaborasi dengan metode demontrasi.
2.Kegiatan Inti
a. Guru meminta peserta didik mendengarkan dan menyimak renungan yang dibacakan oleh guru.(Kegiatan mari renungkan)
b. Guru meminta peserta didik mengamati gambar yang berkaitan dengan materi Manusia sebagai hamba Alloh SWT dan Khalifah di bumi.. (Kegiatan mari mengamati)
c. Guru meminta peserta didik mengangkat tangan sebelum mengeluarkan pendapatnya.
d. Peserta didik mengemukakan hasil pengamatan gambarnya. Dan peserta lain mendengarkan.
e. Guru mengajarkan bagaimana menghargai orang berbicara.
f. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukaan peserta didik tentang hasil pengamatannya
g. Guru memotivasi peserta didik untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan setelah mendengarkan pendapat temanya dan penguatan dari guru serta menghubungkannya dengan pemahaman haji dan umrah. Peserta didik bisa bertanya dengan menggunakan kata Tanya: apa, mengapa, bagaimana, bagaimana jika dan sebagainya. Beberapa contoh yang bisa menjadi acuan pertanyaan. (Kegiatan menannya).
Catatan:
1. Guru harus dapat mendorong peserta didik untuk berani menanya
2. Peserta didik mengungkapkan pertanyaan-pertanyaannya lewat lisan atau tulisan
3. Guru bisa meminta salah satu peserta didik untuk menulis semua pertanyaan-pertanyaan tersebut di papan tulis atau bisa ditulis di kertas.
4. Guru harus memberikan penghargaan terhadap pertanyaan yang dikemukakan oleh peserta didik, misalnya “pertanyaan yang bagus sekali, dan sejenisnya”
Lanjutan Kegiatan Inti :
g. Guru menjelaskan beberapa poin yang diramu dari beberapa poin pertanyaan siswa sebelumnya, (Kegiatan membaca)
h. Guru memberi tugas kepada siswa secara berkelompok atau perorangan untuk membaca dan memahami hasil bacaan yang ditentukan. Lalu secara bergiliran menjelaskan hasil bacaan masing-masing temannya yang lain secara bergantian
i. Guru meminta peserta didik tetap bersama kelompoknya.
j. Guru membagi pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok.
(Kegiatan menganalisa)
k. Tiap kelompok mendapat tugas satu pertanyaan.
l. Guru memberikan kesempatan kepada kelompok untuk mendiskusikannya. Tiap kelompok mencatat hasil diskusinya di kertas (guru bisa mengembangkan dengan kertas ukuran besar). Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya secara singkat.
m. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang di kemukakan peserta didik tentang materi tersebut.
n. Guru membimbing peserta didik untuk membaca kisah Tukang sampah yang rajin bershodaqoh dan beribadah. ( Kegiatan Memotivasi)
o. Peserta didik mengemukakan pendapatnya tentang hikmah dari kisah/ cerita tersebut
p. Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap kisah tersebut.
q. Guru memotivasi dengan meminta peserta didik bercita-cita bisa menjadi hamba yang masuk surga, dengan memperhatikan ketentuan Kewajiban manusia sebagai hamba Alloh SWT.
1. Untuk memperkuat pemahaman tentang Manusia sebagai hamba Alloh SWT dan Khalifah dibumi. guru meminta peserta didik untuk melakukan simulasi ibadah dan khalifah. (Kegiatan Mempratekkan)
r. Pada moment tertentu, misalnya praktek sholat, bersih lingkungan sekolah dan keorganisasian, peserta didik ditugaskan untuk melakukan investigasi (dalam bentuk tugas proyek) tentang kegiatan wawancara atau observasi dengan orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut di lingkungan masing-masing atau melihat video kegiatan tersebut.
s. Guru memberi penguatan dari pembahasan dan hasil investigasi peserta didik.
t. Guru dan peserta didik menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut sesuai yang terdapat dalam buku teks siswa pada kolom rangkuman. (Kegiatan Merangkum)
u. Peserta didik mengerjakan tugas/soal sesuai arahan guru
3.Kegiatan Penutup
a) Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b) Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa
c) Guru menjelaskanmateri yang akandipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
d) Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa
F. PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:
1. Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Nilai
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
| |||
Aspek dan rubrik penilaian.
1. Pola berpikir saat menyampaikan informasi/pendapat
a. Jika sama sekali tidak runtut/teratur, skor 1
b. Jika sebagian kecfil runtut/teratur, skor 2
c. Jika sebagian besar runtut/teratur, skor 3
d. Jika seluruhnya runtut/teratur, skor 4
2. Pola berpikir saat memberikan argumentasi
a. Jika sama sekali tidak runtut/teratur, skor 1
b. Jika sebagian kecfil runtut/teratur, skor 2
c. Jika sebagian besar runtut/teratur, skor 3
d. Jika seluruhnya runtut/teratur, skor 4
3. Pola berpikir saat memberikan kritikan
a. Jika sama sekali tidak runtut/teratur, skor 1
b. Jika sebagian kecfil runtut/teratur, skor 2
c. Jika sebagian besar runtut/teratur, skor 3
d. Jika seluruhnya runtut/teratur, skor 4
4. Kejelasan fokus dan arah pertanyaan
a. Jika sama sekali tidak jelas fokus dan arahnya, skor 1
b. Jika fokus dan arah pertanyaan menjadi jelas setelah diminta mengulang, skor 2
c. Jika menyadari bahwa fokus dan arahnya tidak jelas sehingga pertanyaannya diulang, skor 3
d. Jika fokus dan arah pertanyaan jelas, skor 4
5. Bahasa yang dipakai (saat menyampaikan informasi, kritikan, ataupun argumentasi)
a. Jika semuanya tidak baik dan tidak benar/tidak baku, skor 1
b. Jika sebagian besar tidak baik dan tidak benar/tidak baku, skor 2
c. Jika sebagian kecil tidak baik dan tidak benar/tidak baku, skor 3
d. J ika seluruhnya baik dan benar/baku, skor 4
6. Kemampuan dalam berbicara (memberikan informasi, berpendapat, berargumentasi)
a. Jika sama sekali tidak lancer, skor 1
b. Jika kadang lancar dan kadang tidak, skor 2
c. Jika sebagian besar lancer, skor 3
d. Jika seluruhnya lancar, skor 4
2. Penilaian sikap Diri
Berilah tanda centang (ü) pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kalian!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya selalu meyakini bahwa Alloh SWT menciptakan manusia untuk beribadah
| ||
2.
|
Saya yakin bahwa melaksanakan Ibadah itu tidak hanya sholat, namun bisa ibadah menolong orang lain dan alam.
| ||
3.
|
Saya akan mengajak teman-teman untuk menggali informasi tentang kewajiban manusia sebagai hamba Alloh SWT untuk beribadah.
| ||
4.
|
Saya selalu mengakses berita tentang ulah manusia di bumi yang tidak mencerminkan khalifah yang baik.
| ||
5.
|
Saya yakin akan akan menjadi hamba Alloh SWT yang taat dan khalifah yang baik di bumi ini
|
Pedoman penskoran
Ya : skor 5 . Tidak : skor 0.
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah Skor Maksimal
3. Penilaian antar Teman
Nama Siswa: ……………….Tanggal: ………………… Kelas: …………………..
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
| |||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
| |||
1
| ||||||||
2
| ||||||||
3
| ||||||||
Dst
|
Keterangan aspek yang dinilai:
1. Sikap dalam menerima pendapat
a. Jika sama sekali tidak mau menerima pendapat teman, meskipun pendapat tersebut benar, skor 1
b. Jika mau menerima pendapat teman, meskipun dengan berat hati atau menunjukkan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya, skor 2
c. Jika mau mendengarkan pendapat teman, meskipun sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar, skor 3
d. Jika rela mau menerima orang lain memberikan pendapat, skor 4
2. Sikap dalam menerima kritikan
a. Jika sama sekali tidak mau menerima kritikan teman, meskipun kritikan yang diberikan memang benar
b. Jika mau menerima kritikan teman tetapi menunjukan sikap tidak senang atau lebih banyak mempertahankan pendapatnya
c. Jika mau menerima kritikan teman, meskipun sedikit kurang senang atau setelah teman yang lain juga menyatakan bahwa pendapat yang disampaikan benar
d. Jika rela mau menerima atau mengharap orang lain memberikan masukan
3. Sikap dalam memberikan kritikan
a. Jika tidak pernah/tidak mau memberikan kritikan
b. Jika mau memberikan kritikan tetapi berkesan menyalahkan
c. Jika mau memberikan kritikan tetapi masih ada sebagian yang berkesan menyalahkan
d. Jika mau memberikan kritikan yang membangun
4. Sikap saat pendapatnya tidak diterima
a. Jika marah/kecewa saat pendapatnya tidak diterima
b. Jika sedikit marah/kecewa saat pendapatnya tidak diterima
c. Jika masih terus berusaha agar pendapatnya diterima
d. jika rela pendapatnya tidak diterima
5. Kemauan membantu, mendorong atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
a. Jika tidak pernah membantu, mendorong atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
b. Jika mau memberikan bantuan/kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat tetapi setelah diingatkan teman lain/guru
c. Jika mau membantu/memberi kesempatan kepada teman untuk menyampaikan pendapat tetapi dengan kalimat yang bernada menyalahkan
d. Jika rela membantu, mendorong atau memberikan kesempatan teman untuk berpendapat
6. Sikap saat orang lain berbicara/menyampaikan pendapat
a. Jika selalu berupaya memotong pembicaraan teman
b. Jika sesekali masih berupaya memotong pembicaraan teman
c. Jika mau mendengarkan pembicaraan (informasi, pertanyaan, argumentasi), meskipun kurang serius dalam mendengarkan
d. Jika mau mendengarkan pembicaraan (informasi, pertanyaan, argumentasi) sampai teman yang menyampaikannya selesai berbicara
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah Skor Maksimal
4. Penilaian Mempratekkan
Format penilaian unjuk kerja: simulasi/demontrasi kegiatan manusia yang mencerminkan hamba Alloh dan khalifah yang baik:
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
| ||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| |||
1
| |||||||
2
| |||||||
3
| |||||||
4
| |||||||
5
| |||||||
Dan seterusnya
|
Aspek Penilaian
1. Kegiatan membaca, menerjemahkan dan menjelaskan secara individu Q.S.Al-Mu’minun (23) : 12-14, An-Nahl (16) : 78, Al-Baqarah (2) : 30-32, dan Az-Zariat (51) : 56
2. Perilaku peserta didik dikelas maupun diluar kelas yang mencerminkan perilaku hamba Alloh SWT dan khalifah yang baik seperti sholat, kebersihan dan sikap menghormati orang lain.
Pedoman penskoran
Tidak benar (skor 1) Benar (skor 3)
Kurang benar (skor 2) Sangat Benar (4)
Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
KALKULASI NILAI

Saran:
Guru harus kreatif mengembangkan soal berikut rubric dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan mengikuti langkah-langkah yang ada.
G. PENGAYAAN
Berilah tugas tambahan kepada siswa yang sudah menguasai materi untuk mengkaji Q.S.Al-Mu’minun (23) : 12-14, An-Nahl (16) : 78, Al-Baqarah (2) : 30-32, dan Az-Zariat (51) : 56 sekaligus menerangkan isi kandungannya di depan kelas
Atau peserta didik ditugaskan mencari informasi tentang informasi tentang Manusia sebagai hamba Alloh SWT dan khalifah di bumi, kemudian buatlah laporan secara tertulis.
H. REMEDIAL
Berilah tugas kepada siswa yang belum menguasaimateri untuk mempelajari materi tentang Manusia sebagai hamba Alloh SWT dan khalifah di bumi kepada teman atau kepada guru diluar kelas atau dirumah, dan tagihlah siswa tersebut untuk menerangkan materi yang diminta oleh guru pada pertemuan berikutnya Remedial dilaksanakan pada waktu dan hari tertentu yang disesuaikan contoh: pada saat jam belajar, apabila masih ada waktu, atau diluar jam pelajaran (30 menit setelah jam pelajaran selesai).
I. INTERAKSI GURU DENGAN ORANG TUA
Guru meminta peserta didik dengan mengunakan buku penghubung kepada orang tua yang berisi tentang perubahan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran atau berkomunikasi langsung baik langsung, maupun memalui telepon, tentang perkembangan.
0 komentar:
Posting Komentar