Asaa'Ah

AHMAD ASMUI PUTRA JALERE SANKING BAPAK SURADI LAN SITI ZULAIKHO

spider

text asmui






salju


Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

RSS

STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK 9 KECERDASAN

SETRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
UNTUK 9 KECERDASAN
                                                                                     
Strategi Pembelajaran  Ini Di Susun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran SKI di Madrasah/Sekolah Semester V
Dosen Pengampu: Dr. Muqowim, S.Ag.,M.Ag
Description: E:\Logo-UIN-Sunan-Kalijaga-Yogyakarta.jpg








Disusun Oleh :

Ahmad Asmui
14410050



JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI  SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2016
KECERDASAN NATURAL

A.    Nama Strategi
v  Ball and Box

B.     Filosofi
-          Secara nama bola dan kotak mempunyai perbedaan huruf yang terdapat padanya, begitupun hal yang lainya seperti bentuk, fungsi dan kemanfaatanya.
-          Siswa diharapkan dapat membedakan golongan sahabat antara kaum muhajirin dan ansor

C.    Materi yang Relavan
Sejarah Hijrah Nabi Muhammad saw. Dari Mekah ke Madinah

D.    Karakter yang Dibiasakan
-          Menempatkan sesuatu pada tempatnya.
-          Berani mengambil keputusan berdasarkan pengetahuannya.
-          Memanfaatkan waktu dan tenaga yang ada secara efektif.

E.     Langkah-Langkah
-          Pada pertemuan sebelum melaksanakan strategi guru memberi tugas kepada siswa unntuk membawa bola kecil yang ditempeli nama sahabat baik ansor maupun muhajirin yang telah guru tentukan , sedangkan tugas guru membawa 2 buah kotak yang bertuliskan muhajirin dan ansor srta guru membawa sebuah kerajang.
-          Pada pertemuan berikutnya siswa diminta mengumpulkan bola yang telah ditugaskan kedalam keranjang. Dan guru meletakan kedua kotak kira-kira jarak 5 meter atau jarak terjauh kelas. Lebih efektif dilakukan di luar kelas.
-          Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 5-6 orang siswa atau disesuaikan dengan besar ruangan ketika melaksanakan strategi tersebut.
-          Guru meminta sekelompok siswa mengambil bola dengan nama sahabat Nabi kemudian memasukanya kedalam kotak yang sesuai dengan golonganya. Siswa diperbolehkan menggunakan cara apapun sesuai dengan strategi kelompok masing-masing untuk masukan bola ke kotak.
-          Guru memberi waktu 2 menit untuk memainkan strategi tersebut.
-          Guru menghitung skor dengan menghitung jumlah bola yang masuk ke kotak dengan golongan yang sesuai.

F.     Bahan dan Alat
-          Bola
-          Alat tulis+selotip
-          Keranjang dan kardus
-          stopwatch



KECERDASAN INTERPERSONAL
A.    Nama Strategi
*      Harta Qorun

B.     Filosofi
Hubungan antar personal seseorang sangat penting bagi setiap individu karena Manusia adalah mahluk sosial, mahluk yang membutuhkan bantuan orang lain.
Mencari berarti proses untu menemukan sesuatu, sedangkan jajak bisa disebut tanda-tanda atau alamat bahwa sesuatu tersebut hampir bahkan sudah terdeteksi.
Ketika kita melihat sebuah kegiatan pembaiatan dalam kepramukaan, setiap aggota pramuka dilatih untuk selalu menghadapi rintangan-rintangan dan bekerja sama, saling membantu antar anggota kelompk dalam mencari jejak.
Dalam strategi “Harta Qorun” ini diharapkan peserta didik dapat meningkatkan rasa solidaritas dan kekompakan melaksanakan antar anggota kelompoknya.

C.    Materi yang Relavan
Khulafaur Rasyidin

D.    Karakteristik yang dibiasakan
-          Pemberani
-          Aktiv
-          Semangat
-          Optimis
-          Kekompakan dalam bekerja sama
-          Mudah membantu orang lain

E.     Langkah-Langkah
-          Siswa mendengarkan penjelasan guru terkait materi khufaur rasyidin.
-          Guru membentuk 4 kelompok beranggotakan 5-10 siswa pada setiap kelompoknya dengan satu koordintor yang menjadi pemimpinnya.
-          Guru telah menyiapkan empat pos rahasia dalam kelas / lebih efektif diluar kelas yang sudah disediakan harta Qorun yang berisi point materi yang akan dijelaskan.
-          Setiap kelompok  mencari harta qorun berisi materi tersebut.
-          Koordinator kelompok memimpin anggotanya untuk mencari harta qorun dengan konsep dan cara sesuai dengan kesepakatan kelompok dengan waktu yang sudah ditentukan guru.
-          Kelompok yang sudah menemukan harta qorun langsung mediskusikan untuk menyiapkan presentasi materi yang didapatkanya di depan kelas begitupun kelompok lainya.
-          Setiap kelompok yang sudah presentasi memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk bertanya, mengkritik maupun menanggapinya.
-          Setelah semua kelompok presentasi, guru mengklarifikasi hasil presentasi kelompok dan menjelaskan lebih detail lagi.
-          Guru menutup pembelajaran dengan sedikit memberikan teladan dari 4 khalifah.


Alat/Bahan
-          Kertas
-          Alat tulis














KECERDASAN LINGUISTIK
Nama strategi
Idolaku
Filosofi
Setiap manusia mempunyai idola yang secara langsung ingin menjadi seperti yang di idolakan, baik secara penampilan, karakter maupun yang lainya.Dari strategi ini, siswa diharapkan dapat meneladani karakteristik tokoh yang di idolakan khususnya dalam hal kepemimpinanya.
Materi yang relavan
1.      Kepemimpinan Khulafurrasyidin
2.      Kepemimpinan Nabi dan Rosul
Krakteristik yang dibiasakan
-          Percaya diri
-          Mental tinggi
-          Kreatif
-          Lincah dan sigap
Langkah-langkah
-          Guru memberikan penjelasan mengenai materi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin secara singkat. Boleh dengan cerita maupun menampilkan vidio tentang Khulafaur Rasyidin dalam memimpin.
-          Guru juga mengaitkan kepemimpinan khalifah dengan pemimpin zaman sekarang sebagai rekonstruktifnya.
-          Guru menyuruh siswa agar menulis pemimpin yang di idolakan dari khulafaur rasyidin dalam kertas dan diberi nama serta dikumpulkan dengan waktu yang ditentukan oleh guru.
-          Setelah dikumpulkan, guru mengambil salah satu kertas tersebut dan memanggil siswa yang tertera namanya untuk maju didepan kelas.
-          Siswa tersebut membacakan tulisan nya seraya mempraktikkan karakter pemimpin yang di idolakan sesuai dengan yang ada di kertasnya.
-          Selanjutnya secara bergantian siswa mempraktikan karakter pemimpin idolanya sesuais kehendak guru yang memanggil.
Alat/Bahan
Alat tulis

KECERDASAN SOSIAL
A.    Nama Strategi
Visiting Stand Learn

B.     Filosofi
C.    Materi yang Relavan
Khulafaur Rasyidin

D.    Karakteristik yang dibiasakan
-          Hubungan Sosial yang tinggi.
-          Mudah bergaul
-          Mental

E.     Langkah-Langkah
-          Guru membentuk 4 kelompok dengan anggota bebas sesuai jumlah siswa yang ada.
-          Guru memberi nama dan tema pada setiap kelompok dengan khalifah 4 tersebut untuk didiskusikan seperti :
ü  Kelompok 1 : Khalifah Abu Bakar Ashidiq
ü  Kelompok 2 : Khalifah Umar Bin Khattab
ü  Kelompok 3 : Khalifah Utsman Bin Affan
ü  Kelompok 4 : Khalifah Ali Bin Abi Tholib
-          Setiap kelompok mendiskusikan khalifah yang menjadi tema ari segi biodata atau profil, karya-karyanya dan teladan kepemimpinanya dalam sebuah kertas plano/pelangi/buffalo atau kertas lain yang didesain secara singkat dan sedemikian menarik.
-          Setiap kelompok menempelkan hasil diskusinya di tembok dalam kelas maupun luar kelas sebagai stand.
-          Setiap kelompok membagi tugas pada anggotanya siapa yang  menjadi penjaga stand dan pengunjung.
-          Secara bergantian kelompok lain mendatangi stand antar kelompok untuk mendengarkan presentasi.

F.     Alat/Bahan
-          Alat tulis, kertas plano/pelangi, spidol.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar