SETRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
UNTUK 9 KECERDASAN
Strategi Pembelajaran  Ini Di Susun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran SKI
di Madrasah/Sekolah Semester
V
Dosen
Pengampu: Dr. Muqowim, S.Ag.,M.Ag

Disusun Oleh :
Ahmad Asmui
14410050
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH
DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI  SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2016
KECERDASAN NATURAL
A.    Nama Strategi
v  Ball and Box
B.     Filosofi
-         
Secara nama
bola dan kotak mempunyai perbedaan huruf yang terdapat padanya, begitupun hal
yang lainya seperti bentuk, fungsi dan kemanfaatanya.
-         
Siswa diharapkan
dapat membedakan golongan sahabat antara kaum muhajirin dan ansor
C.    Materi yang Relavan
Sejarah Hijrah Nabi
Muhammad saw. Dari Mekah ke Madinah
D.    Karakter yang Dibiasakan
-         
Menempatkan
sesuatu pada tempatnya.
-         
Berani
mengambil keputusan berdasarkan pengetahuannya.
-         
Memanfaatkan
waktu dan tenaga yang ada secara efektif.
E.     Langkah-Langkah
-         
Pada pertemuan
sebelum melaksanakan strategi guru memberi tugas kepada siswa unntuk membawa
bola kecil yang ditempeli nama sahabat baik ansor maupun muhajirin yang telah
guru tentukan , sedangkan tugas guru membawa 2 buah kotak yang bertuliskan
muhajirin dan ansor srta guru membawa sebuah kerajang.
-         
Pada pertemuan
berikutnya siswa diminta mengumpulkan bola yang telah ditugaskan kedalam
keranjang. Dan guru meletakan kedua kotak kira-kira jarak 5 meter atau jarak
terjauh kelas. Lebih efektif dilakukan di luar kelas.
-         
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 5-6 orang siswa atau
disesuaikan dengan besar ruangan ketika melaksanakan strategi tersebut.
-         
Guru meminta sekelompok
siswa mengambil bola dengan nama sahabat Nabi kemudian memasukanya kedalam
kotak yang sesuai dengan golonganya. Siswa diperbolehkan menggunakan cara
apapun sesuai dengan strategi kelompok masing-masing untuk masukan bola ke
kotak.
-         
Guru memberi
waktu 2 menit untuk memainkan strategi tersebut.
-         
Guru
menghitung skor dengan menghitung jumlah bola yang masuk ke kotak dengan
golongan yang sesuai.
F.     Bahan dan Alat
-         
Bola
-         
Alat
tulis+selotip
-         
Keranjang dan
kardus
-         
stopwatch
KECERDASAN INTERPERSONAL
A.    Nama Strategi
 Harta Qorun
     
Harta Qorun
B.     Filosofi
Hubungan antar personal seseorang sangat penting bagi setiap individu
karena Manusia adalah mahluk sosial, mahluk yang membutuhkan bantuan orang
lain.
Mencari berarti proses untu menemukan sesuatu, sedangkan jajak bisa disebut
tanda-tanda atau alamat bahwa sesuatu tersebut hampir bahkan sudah terdeteksi.
Ketika kita melihat sebuah kegiatan pembaiatan dalam kepramukaan, setiap
aggota pramuka dilatih untuk selalu menghadapi rintangan-rintangan dan bekerja
sama, saling membantu antar anggota kelompk dalam mencari jejak. 
Dalam strategi “Harta Qorun” ini diharapkan peserta didik dapat
meningkatkan rasa solidaritas dan kekompakan melaksanakan antar anggota kelompoknya.
C.    Materi yang Relavan
Khulafaur Rasyidin
D.    Karakteristik yang dibiasakan
-         
Pemberani
-         
Aktiv
-         
Semangat
-         
Optimis
-         
Kekompakan
dalam bekerja sama
-         
Mudah membantu
orang lain
E.     Langkah-Langkah
-         
Siswa
mendengarkan penjelasan guru terkait materi khufaur rasyidin.
-         
Guru membentuk
4 kelompok beranggotakan 5-10 siswa pada setiap kelompoknya dengan satu koordintor
yang menjadi pemimpinnya.
-         
Guru telah menyiapkan
empat pos rahasia dalam kelas / lebih efektif diluar kelas yang sudah
disediakan harta Qorun yang berisi point materi yang akan dijelaskan.
-         
Setiap
kelompok  mencari harta qorun berisi
materi tersebut.
-         
Koordinator
kelompok memimpin anggotanya untuk mencari harta qorun dengan konsep dan cara
sesuai dengan kesepakatan kelompok dengan waktu yang sudah ditentukan guru.
-         
Kelompok yang
sudah menemukan harta qorun langsung mediskusikan untuk menyiapkan presentasi
materi yang didapatkanya di depan kelas begitupun kelompok lainya.
-         
Setiap
kelompok yang sudah presentasi memberikan kesempatan pada kelompok lain untuk
bertanya, mengkritik maupun menanggapinya.
-         
Setelah semua
kelompok presentasi, guru mengklarifikasi hasil presentasi kelompok dan
menjelaskan lebih detail lagi.
-         
Guru menutup
pembelajaran dengan sedikit memberikan teladan dari 4 khalifah.
Alat/Bahan
-         
Kertas
-         
Alat tulis
KECERDASAN LINGUISTIK
Nama strategi
Idolaku
Filosofi
Setiap manusia mempunyai idola yang secara langsung ingin menjadi seperti
yang di idolakan, baik secara penampilan, karakter maupun yang lainya.Dari
strategi ini, siswa diharapkan dapat meneladani karakteristik tokoh yang di
idolakan khususnya dalam hal kepemimpinanya.
Materi yang relavan
1.      Kepemimpinan Khulafurrasyidin
2.      Kepemimpinan Nabi dan Rosul
Krakteristik yang dibiasakan
-         
Percaya diri
-         
Mental tinggi
-         
Kreatif
-         
Lincah dan
sigap
Langkah-langkah
-         
Guru
memberikan penjelasan mengenai materi kepemimpinan Khulafaur Rasyidin secara
singkat. Boleh dengan cerita maupun menampilkan vidio tentang Khulafaur
Rasyidin dalam memimpin.
-         
Guru juga
mengaitkan kepemimpinan khalifah dengan pemimpin zaman sekarang sebagai
rekonstruktifnya.
-         
Guru menyuruh
siswa agar menulis pemimpin yang di idolakan dari khulafaur rasyidin dalam
kertas dan diberi nama serta dikumpulkan dengan waktu yang ditentukan oleh
guru.
-         
Setelah dikumpulkan,
guru mengambil salah satu kertas tersebut dan memanggil siswa yang tertera
namanya untuk maju didepan kelas.
-         
Siswa tersebut
membacakan tulisan nya seraya mempraktikkan karakter pemimpin yang di idolakan
sesuai dengan yang ada di kertasnya.
-         
Selanjutnya
secara bergantian siswa mempraktikan karakter pemimpin idolanya sesuais
kehendak guru yang memanggil.
Alat/Bahan
Alat tulis
KECERDASAN SOSIAL
A.   
Nama Strategi
Visiting Stand Learn
B.    
Filosofi
C.   
Materi yang Relavan
Khulafaur Rasyidin
D.   
Karakteristik yang dibiasakan
-         
Hubungan
Sosial yang tinggi.
-         
Mudah bergaul
-         
Mental
E.    
Langkah-Langkah
-         
Guru membentuk
4 kelompok dengan anggota bebas sesuai jumlah siswa yang ada.
-         
Guru memberi
nama dan tema pada setiap kelompok dengan khalifah 4 tersebut untuk
didiskusikan seperti :
ü  Kelompok 1 : Khalifah Abu Bakar Ashidiq
ü  Kelompok 2 : Khalifah Umar Bin Khattab
ü  Kelompok 3 : Khalifah Utsman Bin Affan
ü  Kelompok 4 : Khalifah Ali Bin Abi Tholib
-         
Setiap
kelompok mendiskusikan khalifah yang menjadi tema ari segi biodata atau profil,
karya-karyanya dan teladan kepemimpinanya dalam sebuah kertas
plano/pelangi/buffalo atau kertas lain yang didesain secara singkat dan
sedemikian menarik.
-         
Setiap kelompok
menempelkan hasil diskusinya di tembok dalam kelas maupun luar kelas sebagai
stand.
-         
Setiap
kelompok membagi tugas pada anggotanya siapa yang  menjadi penjaga stand dan pengunjung.
-         
Secara
bergantian kelompok lain mendatangi stand antar kelompok untuk mendengarkan
presentasi.
F.    
Alat/Bahan
-         
Alat tulis,
kertas plano/pelangi, spidol.

 
0 komentar:
Posting Komentar